Akibat Yang Ditimbulkan Tidak Mencuci Tangan Setelah Bermain

Galang Fadillah R.

tangan kotor

Faktor Resiko Akibat Tidak Mencuci Tangan dan juga Kaki Sebenarnya dari sudut pandang kreativitas anak bahwa berani kotor itu adalah bagus, tetapi tetap harus memiliki aturannya agar tidak terserang masalah keluhan seputar kesehatan tubuh miliknya.

Akibat Yang Ditimbulkan Tidak Mencuci Tangan Setelah Bermain

1. Terserang Penyakit Kulit

Terserang Penyakit Kulit

Berani kotor itu baik, tetapi jika tidak segera mencuci tangan dan juga kaki setelah bermain maka kuman atau bakteri yang menempul akan berpindah pada bagian tubuh yang lain Terutama pada kulit tubuh.

Tangan dan juga kaki yang kotor apalagi yang telah tercampur dengan keringat dan juga kotoran dari benda benda yang telah disentuh, Rentan dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dipermukaan kulit yang menimbulkan ruam ruam kemerahan yang gatal, dan juga dapat Menyebabkan bintik bintik berisi cairan yang jika digaruk akn muncul gatal dan perih atau sebagai contoh mudahnya adalah panu memang panu dapat diobati dengan mudah.

 

2. Penyakit Infeksi Botulisma

Penyakit Infeksi Botulisma

Penyakit infeksi botulisma adalah peradangan pada otot dan juga saluran pernafasan yang juga muncul akibat tidak mencuci tangn dan kaki setelah bermain pada anak – anak.

Tangan dan kaki kotor tidak segera dibersihkan memungkinkan seseorang terserang oleh penyakit infeksi botulisma yang penularannya mudah melalui tangan dan kaki yang telah tercemar kuman yang tidak sadar yang telah mencemari makanan serta minuman yang dapat mengakibatkan infeksi botulisma.

 

3. Terserang Diare

Terserang Diare

Akibat dari tidak mencuci tangan dan juga kaki setelah bermain bisa  menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan dan juga menimbulkan anak – anak dan dewasa terserang oleh diare yang berkepanjangan.

Kondisi ini rentan terjadi pada anak – anak yang kebiasaan langsung memakan makanan tanpa cuci tangan terlebih dahulu.

Mengapa hal ini dapat terjadi hal ini disebabkan oleh karena serangan bakteri yang berasal dari air dan tanah yang tercemar oleh kotoran hewan, Mnausia dan juga kotoran lain, Yaitu jenis bekteri yang dapat menyebabkan bakteri hewan misalnya E-coli, Salmonella, Shigella dan Campylobacter yang menjangkit dan mengiritasi dinding saluran pencernaan dan mengganggu kinerja usus yang dapat memicu munculnya  suatu diare.

 

4. Infeksi Virus Hepatitis

Infeksi Virus Hepatitis

Virus hepatitis B bisa menyerang organ hati dan juga dapat menyebabkan luka yang bisa berkembang menjadi peradangan , Penyakit hepatitis B bisa  menular dengan sangat mudah dengan melalui polutan udara yang telah bercampur radikal bebas kotor yang dapat menempelkan pada tangan dan kaki itu akan berpindah pada makanan yang akan dimakan.

 

5. Infeksi Tenggorokan

Infeksi Tenggorokan

Faktor yang menyebabkan gangguan infeksi pada tenggorokan adalah berawal dari akibat tidak mencuci tangan dan juga kaki setelah bermain lalu tanpa sadar menyentuh bagian mulut atau bisa juga memakan makanan.

Bakteri dan juga kuman yang melekat pada tangan bisa berpindah ke dalam kerongga mulut dan juga melekat pada dinding tenggorokan bersama lendir.

Pada hakikatnya lendir yang berada didalam tenggorokan adalah reaksi alami dari tubuh yang tujuannya adalah mempermudah makanan yang dikunyah untuk jalan kearah organ pencernaan anda.

Infeksi tenggorokan menyebabkan sakit saat menelan sesuatu seperti menelan makanan dan juga minum.

 

6. Infeksi Organ Pernafasan

Infeksi Organ Pernafasan

Tidak mencuci tangan dan juga kaki dapat membuat organ dalam pernapasan terganggu atau kesulitan untuk berjalan.

Gejala awal yang dapat dirasakan adalah antara lain yaitu sesak nafas, Flu, dada nyeri, Luka pada seputar organ pernafasan dan mempengaruhi kesehatan pada paru – paru.

Serangan bakteri dan juga virus bisa berawal dari makanan dan juga  minuman yang dimakan dengan kondisi tangan yang tidak steril atau bersih dan juga terlihat bersih tetapi belum mencucinya.

 

7. Mencemari Lantai

Mencemari Lantai

Lantai dan juga lingkungan dalam rumah akan tercemari oleh berbagai macam kuman jika ada seseorang masuk kedalam rumah tetapi tidak mencuci atau membersihkan terlebih dahulu tangan dan juga kakinya.

Salah satunya akibat dari tidak mencuci tangan dan kaki setelah bermain adalah berpindahnya segala bentuk kuman dari telapak kaki atau juga dapat tangan kelantai, Kedinding dan segala peralatan rumah.

Kondisi berbahaya karena bisa mempermudah masuknya pergerakan kuman ke tubuh manusia.

Itulah beberapa penyakit yang ditimbulkan jika anda tidak mencuci tangan setelah beraktifitas atau bermain. Hindarilah mulai saat ini juga. Semoga Bermanfaat…

Baca Juga :
– Cara Mengobati Asam Lambung yang Ampuh
– Obat Alergi Gatal Pada Kulit Yang Alami Paling Ampuh
– Obat Sakit Maag Alami Tradisional Yang Ampuh

You Might Also Like

Most popular articles related to Akibat Yang Ditimbulkan Tidak Mencuci Tangan Setelah Bermain