3 Bahaya Menahan Buang Air Besar Bagi Kesehatan

Galang Fadillah R.

Mungkin anda pernah menahan buang air besar hanya karena masalah sepele seperti bermain komputer dan sebagainya hal  ini jangan sampai anda sepelekan karena hal ini dapat berujung kematian, karena kotoran yang menumpuk sangatlah berbahaya yang memiliki racun oleh karena itu tidak ada susahnya anda membuang kotoran anda dengan segera.

Bahaya Menahan Buang Air Besar

1. Berpotensi menderita kanker usu

Korelasi antara menahan buang air besar dan juga penyebab kanker usus adalah ketika anda hendak untuk buang air besar tetapi keinginan itu  malah ditahan, maka usus yang berada di dalam tubuh akan terkontraksi menjadi lebih kuat. Hal ini dilakukan oleh usus supaya kotoran tidak dapat untuk dikeluarkan.

Jika sudah seperti demikian, maka kontraksi yang dilakukan dalam waktu yang lama, akan membuat otot anda membengkak.

Jika tidak segera ditangani maka infeksi serta peradangan akan terjadi di  area tersebut.

hasilnya sel kanker usus akan terpicu untuk tumbuh di tubuh anda.

Kanker usus lebih banyak dialami oleh orang tua atau memang kebanyakan pada orang tua.

Hal tersebut dikarenakan ketika seseorang beranjak tua, maka intensitas untuk buang air besar menjadi lebih besar.

Resiko menahan buang air besar juga sama bahayanya dengan di saat anda suka menahan kentut.

Buang air besar merupakan salah satu kebiasaan sangat rutin yang juga menjadi pertanda jika metabolisme pada tubuh tengah berjalan dengan  lancar.

Jarang buang air besar atau bahkan dalam tenggat waktu yang sangat lama seperti 2 minggu atau bahkan 1 bulan, maka anda dapat dipastikan jika anda beresiko menderita efek buruk dan juga fatal.

2. Kematian

kematian

Salah satu kasus yang sangat di sayangkan yang dialami oeh seorang remaja asal cornwall Inggris yang meninggal pada tahun 2013 bulan februari dikarenakan akibat tidak bisa buang air besar selama 8 minggu.

Faktor yang memicu pemuda ini sering menahan buang air besarnya adalah karena si pemuda tersebut menderita autisme ringan dan juga memiliki masalah dengan rasa takut pada toilet.

sehingga, pemuda itu lebih memilih menahan buang air besarnya.

Setelah dilakukan sebuah pemeriksaan medis atas penyebab kematiannya, pemuda dengan nama Emily itu ternyata menderita serangan jantung yang fatal yang diakibatkan adanya pembesaran usus.

Pembesaran usus itu lalu menekan beberapa organ yang berada didalam tubuhnya, Pada kondisi luarnyapun, perut Emily tampak sangat membesar karena menumpuknya kotoran yang berada di dalam perutnya tersebut, sehingga perutnya terlihat lebih besar dari orang biasanya.

3. Menimbun Sampah Sekaligus Bakteri dan Racun

Menimbun Sampah Sekaligus Bakteri dan Racun

Membuang sampah yang ada dalam perut bisa mengusir racun serta juga  bakteri yang berada di dalam perut dengan cara dikeluarkan bersamaan dengan kotoran perut.

Jika tidak segera dikeluarkan, maka penyakit yang berada di dalam tubuh akan sangat berpotensi lebih berkembang dari yang sebelumnya.

Jika bakteri dan juga racun di dalam tubuh tidak segera dikeluarkan, maka dapat dipastikan jika tubuh akan mengalami kelainan atau gangguan kesehatan.

Hal inilah kenapa buang air besar, sebaiknya dilakukan secara sangat  rutin, Jika anda mengalami kebiasaan buang air besar yang berubah, disertai dengan gejala gangguan kesehatan, segeralah periksakan diri anda ke dokter kesehatan, Bagaimanapun, kesehatan anda tentu lebih penting untuk dijaga apalagi jika dapat berujung kematian jangan sampai anda menahan buang air besar hanya karena masalah sepele seperti bermain computer dan lain – lainnya.

Itulah beberapa bahaya menahan buang air besar, haruslah kita hindari mulai saat ini juga karena sehat itu mahal mari kita jaga kesehatan kita. Semoga manfaat…

Baca Juga :
– Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Sehat Berikut Ini
– Obat Diare Alami Tradisional yang Manjur Dan Ampuh
– Cara Menjalankan Pola Hidup Sehat Yang Alami

You Might Also Like

Most popular articles related to 3 Bahaya Menahan Buang Air Besar Bagi Kesehatan