Cara Mengobati Sakit Flu Dengan Waktu Yang Cepat

Billy Valentino

Cara Mengobati Flu Dengan Cara Yang Cepat

Penyakit flu adalah penyakit yang sangat sering kita alami. Walaupu tidak tergolong ke dalam penyakit yag membahayakan. Namun, penyakit flu ini sering kali membuat kita resah, terganggu, dan bahkan mengganggu aktivitas kita sehari – hari.

Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara menanggulangi flu sekaligus apa saja obat – obat yang tepat agar sembuh dengan cepat dan aman. Yukk langsung saja cek di bawah ini.

Mengobati Flu Dengan Cepat

A. Terapi non obat

terapi flu

Seperti yang sudah disebutkan pada sebelumnya bahwa penyakit flu ini bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus menggunakan obat. Terapi non obat yang bisa kita lakukan untuk meredakan gejala – gejala flu diantaranya:

  • Peningkatan asupan berbentuk cairan dengan banyak meminum air, teh, ataupun sari buah. Asupan cairan ini dapat mengurangi rasa kering pada tenggorokan kita, mengencerkan dahak kita dan bisa membantu menurunkan demam.
  • Istirahat lah yang cukup.
  • Makan makanan yang bergizi yakni makanan dengan kalori dan protein yang tinggi hal ini akan menambah daya tahan tubuh kita. Makan lah buah – buahan segar yang cukup banyak mengandung vitamin.
  • Mandi lah dengan air bersuhu hangat dan berkumur dengan air garam.
  • Untuk bayi, bisa dilakukan dengan membersihkan saluran hidung nya dengan hati – hati. Pada umumnya, bahwa anak dengan usia di bawah 4 tahun, mereka tidak dapat mengeluarkan sekret atau (ingus) sendiri, oleh karena itu bayi membutuhkan bantuan untuk membersihkan hidungnya. Pada bayi sendiri, bisa dilakukan dengan irigasi hidung menggunakan tetes larutan garam isotonik.

B. Terapi Obat

flu

Nah, apabila penyakit flu Anda tidak juga segera membaik setelah pemberian terapi non obat, maka anda disarankan melakukan terapi obat.

Obat flu yang bisa diperoleh dengan bebas bisa merupakan sediaan analgetik ataupun antipiretik tunggal atau kombinasi dengan beberapa zat – zat aktif lainnya, yang juga termasuk dalam golongan antitusif, , dekongestan, ekspektoran dan antihistamin.

Berikut akan saya jelaskan kegunaan masing – masing golongan ini.

  1. Analgesik/antipiretik

Antipiretik merupakan sebuah obat yang digunakan untuk menurunkan demam pada kita dan  biasanya juga akan mempunyai efek pereda nyeri (analgesik). Antipiretik atau analgesik yang biasa juga digunakan dalam pengobatan flu antara lain ibuprofen, parasetamol, dan asetosal.

Obat flu pada umumnya sudah mengandung antipiretik / analgesik sehingga tidak dapat dianjurkan untuk mengkonsumsi obat seperti antipiretik / analgesik tunggal secara bersamaan dengan obat flu juga yang telah mengandung zat antipiretik atau analgesik.

Misalnya jika anda mengkonsumsi tablet parasetamol secara bersamaan dengan mengkonsumsi obat – obat yang lainnya yang mengandung golongan ibuprofen atau asetosal.  Oleh karena itu, perhatikan lah komposisi zat berkhasiat yang telah terkandung dalam kedua obat tersebut.

  1. Dekongestan

Dekongestan merupakan sebuah obat untuk mengurangi masalah seperti hidung tersumbat. Dekongestan juga bekerja dengan cara menyempitkan pembuluh darah kita di daerah hidung kita sehingga  dapat melegakan hidung yang tersumbat karena pembengkakan mukosa.

Obat – obat ini yang termasuk ke dalam dekongestan antara lain seperti pseudoefedrin, fenil propanol amin (PPA), fenilefrin , dan efedrin.

Hati – hati juga dalam penggunaan obat dekongestan pada pasien yang mengalami hipertensi, penyakit jantung koroner, pembesaran kelenjar prostat, hipertiroid, penyakit iskemia jantung, glaukoma, dan diabetes.

Penggunaan pada kondisi ini hanya boleh dilakukan atas saran dokter saja. Sebelum menggunakan obat ini anda juga disarankan untuk membaca aturan pemakaian pada kemasan obat itu terlebih dahulu.

  1. Antihistamin

Antihistamin merupakan suatu obat yang dapat digunakan untuk mengobati batuk atau pilek akibat gejala alergi. Obat ini juga sangat efektif untuk pilek yang disebabkan oleh penyakit alergi.

Namun hanya saja memiliki sedikit manfaat untuk mengatasi hidung  yang tersumbat. Oleh karena itu, pada beberapa produk obat antihistamin  telah dikombinasikan dengan obat dekongestan.

Beberapa obat antihistamin yang bisa diperoleh tanpa resep dokter antara lain seperti  CTM, tripolidin, prometazin, dan difenhidramin. Obat flu yang sudah mengandung antihistamin bisa menyebabkan mengantuk. Nah makanya, setelah menggunakan obat flu anda jangan menjalankan mesin atau mengendarai kendaraan bermotor ya.

  1. Antitusif

Antitusif merupakan sebuah obat batuk yang akan bekerja dengan menekan pusat batuk dan menaikkan ambang rangsang batuk di dalam tubuh kita. Zat – zat berkhasiat yang sudah termasuk ke dalam golongan antitusif diantaranya adalah noskapin, dekstrometorfan HBr, dan difenhidramin HCl.

Sekian dari artikel ini tentang Cara Mengobati Flu Dengan Waktu Yang Cepat. Maaf jika ada kesalahan penulisan, perkataan, dll. Terimakasih Sudah membaca, semoga Atikel ini bermanfaat, sampai bertemu di artikel – artikel selanjutnya ya! 🙂

Baca juga :
Tips Agar Tubuh Langsing
Obat Batuk Alami Dan Tradisional
Cara Diet Yang Sehat
Obat Sakit Gigi di Apotik

You Might Also Like

Most popular articles related to Cara Mengobati Sakit Flu Dengan Waktu Yang Cepat