6 Efek Bahaya Kafein Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Billy Valentino

bahaya kafein bagi tubuh

Kafein ini selain memiliki manfaat ternyata juga telah memiliki beberapa efek samping pada tubuh kita. Nah, kafein sendiri merupakan suatu zat yang dapat kita temukan pada suatu beberapa jenis tumbuhan contohnya seperti kopi dan teh.

Kafein ini juga merupakan sebuah zat yakni stimulant yang juga dapat merangsang sistem syaraf pada pusat. Mengkonsumsi kafein ini akan membuat kita secara serta merasa lebih dan energik bahkan akan menghilangkan rasa kantuk.

Kadar kafein yang disarankan

kafein

Jumlah pada konsumsi kafein yang wajar untuk orang dewasa ini adalah sekitar 400 miligram saja, untuk setiap harinya. Pada takaran tersebut, kafein ini sebenarnya masih aman bagi tubuh kita.

Konsumsi kafein ini cukup dengan takaran yang berlebihan akan membuat kalian mengalami beberapa efek samping pada kesehatan tubuh kalian. Berikut beberapa bahaya kafein bagi tubuh kalian.

Efek Bahaya Kafein Bagi Kesehatan

  1. Memicu Sakit Kepala

Penelitian telah membuktikan bahwa kafein dan sakit kepala ini memiliki hubungan yang sangat berkaitan. Kalian mungkin pernah menemukan komposisi kafein pada suatu obat sakit kepala.

Ya, memang kafein yang dalam jumlah tertentu dapat membantu menghilangkan sakit kepala. Namun, hal ini juga harus diketahui juga bahwa kafein dalam jumlah yang berlebihan akan menyebabkan kalian mengalami sakit pada kepala.

Jika kalian adalah seorang penggemar kopi, yang merupakan salah satu dari bahan yang mengandung kafein, dan secara tiba – tiba berhenti dan tidak mengkonsumsi kopi lagi, maka kalian pun dapat mengalami sakit kepala.

  1. Menimbulkan Perasaan Was – Was dan Rasa Cemas

Bagi beberapa orang, efek samping kafein seperti was – was ataupun cemas mungkin tidak di alami. Tetapi bagi beberapa orang lainnya contoh seperti pada orang yang jarang mengkonsumsi kafein yang memiliki kemungkinan bahwa lebih tinggi mengalami efek samping dengan semacam ini.

  1. Menyebabkan Gangguan Tidur

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, kafein ini merupakan suatu hal zat yang dapat merangsang sistem pada syaraf pusat kita. Mengkonsumsi kafein di dalam jumlah yang banyak juga akan membuat seseorang merasa kesulitan untuk tidur atau biasa disebut dengan insomnia.

  1. Menyebabkan Kecanduan Kafein

Bagi mereka yang sudah cukup sering mengkonsumsi kafein, bukan tidak mungkin bahwa mereka bisa mengalami kecanduan yang terhadap kafein. Kecanduan kafein ini bisa ditandai dengan munculnya gejala contoh seperti pusing, mengantuk, atau cemas dan cepat marah. Pada beberapa orang saja, gejala kecanduan ini bisa ditandai dengan badan yang gemetar.

  1. Mengakibatkan Masalah Pencernaan

Kafein ini merupakan suatu zat yang bisa meningkatkan asam pada suatu lambung kita juga. Kondisi demikian juga dapat membuat kita akan merasa mulas atau bahkan bisa sakit perut yang berujung pada suatu buang air besar yang terus – menerus atau pun diare.

  1. Meningkatkan Tekanan Darah

Kafein yang kita konsumsi ini akan langsung diserap oleh tubuh kita, dan dapat juga langsung masuk ke dalam aliran darah kita. Dan bahkan dalam jangka yang waktu kurang lebih dari satu jam.

Kafein mencapai level tertingginya di dalam suatu aliran darah kita. Di dalam jangka waktu tersebut ataupun bahkan lebih cepat, kafein ini bisa menyebabkan tekanan darah kita menjadi tinggi. Ini lah sebabnya mengapa kopi ini adalah salah satu jenis minuman yang bisa menyebabkan penyakit darah tinggi bagi  yang umum.

Baca juga :
Obat Kolesterol Alami
Obat Batuk Alami
Obat Asam Urat Alami
Obat Gatal Alami

You Might Also Like

Most popular articles related to 6 Efek Bahaya Kafein Bagi Kesehatan Tubuh Anda