Gejala Darah Tinggi Dan Makanan-Makanan Yang Harus Dihindari

Billy Valentino

gejala darah tinggi

Alaminia.com – Ketika ada orang sedang marah – marah, maka masyarakat akan cenderung menghakimi bahwa masalah darah tingginya berarti sedang kumat.

Lantas, apa kaitannya marah – marah dengan penyakit darah tinggi? Darah Tinggi atau biasa hipertensi (HTN) atau hipertensi arteri ini, adalah suatu kondisi medis yang kronis dimana tekanan darahnya di arteri akan meningkat.

Sebagaimana kita telah pahami, bahwa jantung harus bekerja cukup keras untuk mengedarkan darah yang akan dikeluarkan melalui pembuluh darah. Dan beberapa dari perubahan patologis dan juga fisiologis dalam darah dan pada jantung akan menjadi indikator tekanan darah tinggi ini.

Ciri – ciri dan Gejala Darah Tinggi

darah tinggi

Hipertensi cukup jarang menunjukkan gejala yang spesifik. Beberapa orang dengan masalah tekanan darah tinggi telah dilaporkan mengalami sakit pada kepala di bagian belakang kepala, terutama pada waktu pagi hari.

Dari beberapa di antaranya telah mengalami vertigo, dan juga tinitus (telinga yang berdengung atau pun desis yang ada di dalam telinga) serta pada gangguan penglihatan. Lebih fatal lagi, terdapat banyak kasus  bagi penderita penyakit hipertensi yang kemudian pingsan.

Gejala penyakit hipertensi ini sangat bervariasi pada masing – masing individu dan juga cukup hampir sama  dengan gejala-gejala penyakit yang lainnya. Gejala umum penyakit hipertensi ini adalah seperti:

  • sakit kepala,
  • pusing,
  • wajah terlihat kemerahan,
  • jantung berdebar debar,
  • perdarahan hidung (mimisan),
  • sangat sering buang air kecil saat malam hari,
  • vertigo, dan kelelahan.
  • penglihatan kabur,

Namun, kadangkala hipertensi ini telah berjalan dengan tanpa adanya suatu gejala.  Ia baru saja menunjukkan suatu gejala setelah terjadi komplikasi yang akan terjadi pada suatu organ seperti pada otak, ginjal dan juga jantung tentunya.

Biasanya penyakit ini muncul secara bersamaan dan akan semakin memperburuk kerusakan suatu organ. Untuk dapat menguatkan gejala penyakit dari hipertensi ini adalah adanya riwayat penyakit seperti hipertensi pada kedua orang tuanya oleh karena hal itu akan menguatkan ke arah menjadi hipertensi primer.

Makanan – makanan yang Harus Dihindari

Tekanan darah tinggi ini juga sangat bisa dipicu oleh makanan yang kita makan dalam sehari – harinya. Bagi penderita tekanan darah tinggi ini setidaknya mengatur pola makanan yang akan dikonsumsi dalam waktu sehari – hari.

Sebaiknya kita harus menghindari pada makanan tertentu yang akan bisa memicu meningkatnya tekanan darah. Makanan yang sering kita jumpai di bawah ini sebaiknya kita hindarkan. berikut ini adalah beberapa makan yang harus kita hindari:

  • Garam yang berlebih.

Garam ini dapat meningkatkan tekanan darah dengan cukup cepat pada penderita penyakit seperti diabetes, hipertensi yang ringan, orang yang berusia lanjut, ataupun bagi mereka yang berkulit hitam.

  • Makanan Beku.

Makanan yang telah dibekukan contohnya seperti nugget, sosis, atau bakso beku, ikan beku dan sebagainya ini sangatlah banyak mengandung akan natrium. Hal ini juga tentunya akan memicu terjadinya hipertensi.

  • Mie instan dan Makanan Kaleng.

Bahan – bahan makanan dari jenis ini telah mengandung zat seperti natrium yang hal ini sangat lah bisa memicu pada penyakit hipertensi.

  • Hindari Minum Kopi dan Alkohol.

Minum terlalu banyak kopi dan juga alkohol ini juga akan berdampak buruk bagi kesehatan kita lho. Kaffein yang sudah terdapat di kopi, teh ataupun minuman seperti cola ini akan menyebabkan peningkatan pada tekanan darah.

Merokok juga sangat bisa menyebakan tekanan pada darah tinggi. Kebiasaan merokok ini dapat meningkatkan risiko diabetes, atau serangan jantung dan juga stroke.

Merokok ketika kita sudah dalam keadaan hipertensi ini maka akan mempercepat memicu pada penyakit yang berkaitan dengan jantung dan juga darah tentunya.

Baca juga :
Obat Masuk Angin Alami
Obat Kolesterol Alami
Obat Batuk Alami
Obat Asam Urat Alami

You Might Also Like

Most popular articles related to Gejala Darah Tinggi Dan Makanan-Makanan Yang Harus Dihindari