Gejala Kanker Serviks Serta Cara Pencegahannya Yang Efektif

Galang Fadillah R.

Apa itu Kanker Serviks?

kanker serviks

Kanker serviks adalah kanker yang terjadi di leher Rahim, kanker ini menyebabkan bagian bawah dari rahim yang menonjol ke arah organ vital wanita (vagina).

Kanker servika tidaklah menular terkecuali jika melakukan kontak secara langsung  dengan pengidap kanker serviks bisa terjangkit penyakit tersebut, Kurang lebihnya seperti HIV.

Tetapi yang harus Anda tau adalah bahwa yang tertular adalah virus penyebab terkenanya kanker serviks, antara lain HPV (human papilloma virus).

Proses menularnya juga tidak seenaknya akibat kontak secara langsung seperti berjabat tangan , terkena keringatnya , dan sebagainya tidaklah berpengaruh apapun atau dengan kata lain tidak akan menular.

Melainkan Kontak Seksual mau pun anal.

Gejala Kanker Serviks

gejala kanker serviks

Gejala adalah tanda – tanda yang membantu doktek memastikan pasien terkena kanker serviks atau tidak.

Biasanya pembuktian juga di bantu dengan tes pap untuk perempuan 21 keatas secara tiga tahun sekali.

Berikut ini adalah tanda – tanda kanker serviks yang paling menonjol stadium awal.

  1. Keputihan patogonis

Keputihan adalah gejala awal untuk penyakit kanker serviks.

Seperti yang anda ketahui semua perempuan pernah mengalaminya keputihan maksudnya, sehingga di anggap wajar.

Walaupun demikian, Anda harus mewaspai karena cairan yang keluar dalam jumlah banyak, apalagi dengan bentuk yang kental, berbau anyir, warnanya tidak normal seperti kuning atau hijau, dan juga gatal itu bisa jadi gejala kanker serviks.

  1. Sakit di beberapa bagian tubuh dekat organ intim

pertumbuhan virus pada area kewanitaan kerap memberikan rasa sakit di beberapa bagian sekitar, seperti pada bagian paha dan panggul ketika saat menstuasi.

Rasa sakit atau nyeri juga sering terjadi pada saat melakukan buang air besar dan bahkan ketika melakukan hubungan seks langsung dengan seorang pasangan.

  1. Pendarahan

Pendarahan sering kali di kaitkan dengan manstruasi, kebanyakan wanita itu adalah menstruasi secara teratur.

sebenarnya, pada saat itu Anda harus lebih curiga akan kondisi tubuh anda, jika bisa lakukan pemeriksaan ke dokter dan ceritakan tentang masalah yang anda alami.

  1. Nafsu makan berkurang

Akibat nafsu makan berkurang membuat, sistem imun tidak dapat menangkal virus penyakit dari luar, sehingga terjadi masalah seperti stres, kecapean, cemas yang berlebih, berkurangnya stamina.

Karena itu kurangnya nafsu makan juga gejala awal kanker serviks.

  1. Kaki bengkak

Jika tiba – tiba Anda mengalami kaki bengkak tanpa seatu sebab, bisa jadi itu adalah reaksi dari berkembangnya atau mulainya virus HPV yang bersarang pada area kewanitaan Anda.

Penyebab Kanker Serviks

penyebab kanker serviks

kanker serviks terjadi karena infeksi suatu virus yang memiliki nama Human Papilloma Virus (HPV) yang berhasil masuk ke dalam area kewanitaan anda.

HPV (human papilloma virus) lebih para daripada HIV, karena sangatlah banyak nyawa yang melayang sia-sia dalam hitungan jam karena virus ini.

Masalahnya adalah, ketidaktahuan wanita dan pencegahan adalah masalah bagi parah wanita.

Dr. Brahmana, Sp. OG. Onk (K) dari UNAIR menuturkan, ketidak perdulian akan HPV menyebabkan banyak sekali nyawa melayang sia – sia.

Hanya dalam hitungan jam virus ini berhasil merenggut banyak sekali nyawa.

Di Indonesia sendiri, data yang yang dicantumkan ada sekitar 40 wanita setiap harinya terjangkit kanker serviks, 20 diantaranya meninggal dunia.

Cara Mencegah Kanker Serviks Sejak Dini

cegah kanker serviks

Melakukan suatu upaya pencegahan terhadap kanker serviks adalah hal yang wajib untuk dilakukan untuk para wanita, termasuk anda juga para wanita juga harus mengetahui gejala atau pencegahannya untuk pasangan anda.

Oleh karena itu, pentingnya wawasan mengenai cara untuk mencegah kanker serviks. Berikut ini bisa Anda jadikan wawasan mengenai langkah untuk mencegahan kanker serviks.

  1. Melaksanakan tes papsmear secara berkala

Tes ini untuk mengetahui seberapa besar anda terjangkit kanker serviks.

Lakukan tes kanker serviks secara rutin setidaknya 3 kali dalam 1 tahun.

  1. Vaksin HPV

Memvaksinasi tubuh anda sangatlah baik dilakukan untuk mencegah datangnya sebuah infeksi.

Anda dapat kunjungi dokter untuk mendapatkan vaksin HPV, serta tanyakan pula pola hidup sehat agar terhindar dari suatu penyakit yang menjadi ancaman besar bagi wanita yaitu kanker serviks.

  1. Tidak berganti-ganti pasangan

Berganta-ganti pasangan merupakan sebab munculnya kanker serviks pada beberapa wanita yang terkena saat berhubungan seksual dengan risiko paling rentan ini.

Terlebih lagi jika mereka yang sama-sama tidak tahu bahwa pasangan atau mungkin dirinya sendiri mempunyai virus HPV.

Baca Juga :
– Obat Radang Amandel Alami Herbal Yang Ampuh
– Obat Darah Tinggi Alami Tradisional Yang Mujarab
– Cara Menghilangkan Kutil

You Might Also Like

Most popular articles related to Gejala Kanker Serviks Serta Cara Pencegahannya Yang Efektif