5 Obat Masuk Angin Alami Tradisional Yang Ampuh dan Aman

Billy Valentino

masuk angin

Musim hujan membuat banyak sekali teman – teman saya yang terkena penyakit, mulai dari  batuk, pilek, flu, ada juga masuk angin. Meskipun hal yang sepele, masuk angin tak boleh Anda biarkan begitu saja lho.

Sebab sudah banyak sekali kasus masuk angin mengakibatkan kematian. Maka dari itu, sebaiknya jika Anda mengalami masuk angin segera lah untuk diobati.

Udara yang dingin, lembur di waktu kerja kantor, pulang kerja malah kehujanan, ditambah begadang , kurang istirahat, kurang tidur, ditambah lagi tidak menjaga asupan makanan.

Masuk angin pun akan sangat mudah sekali menyerang tubuh Anda. Penyakit ini sangat lah sering menyerang pada saat musim pancaroba atau pu penghujan. Di negara kita, biasanya masyarakat akan menghilangkan masuk angin dengan cara tradisional yakni kerokan.

Mengatasi masuk angin ini tidak selamanya Anda harus mengonsumsi obat – obatan. Anda bisa saja menghilangkan masuk angin secara alami. Ada banyak sekali obat masuk angin alami yang cukup ampuh dan juga aman untuk dikonsumsi oleh dewasa, anak – anak, dan juga ibu hamil. Apa saja bahan – bahannya, simak penjelasan dibawah ini

Obat Masuk Angin Alami

  1. Minyak kayu putih

mengobati masuk angin dengan minyak kayu putih

Saya sangat yakin pasti kalian sudah tau minyak kayu putih kan? Yup, minya yangk satu ini memang memiliki aroma terapis yang sangat menyejukan, dan sangat cocok untuk melegakan hidung yang tersumbat.

Selain itu, ternyata sensasi hangat yang ia berikan juga ampuh untuk mengatasi perut kembung akibat masuk angin.

Kamu juga bisa mengobati masuk angin hanya dengan cara mengoleskan minyak kayu putih secara merata ke bagian perut, kening, leher, belakang leher,  dan bagian lainnya. Dan jangan lupa beri pijatan secara lembut selama 5 menit saja agar minyak meresap.

  1. Gunakan bawang merah dan bawang putih

mengobati masuk angin bawang merah dan bawang putih

Inilah obat masuk angin tradisional untuk anak – anak, selain dari minyak kayu putih. Anda juga bisa menghaluskan bawang merah, lalu oleskan secara merata ke bagian perut, leher, dan dada si kecil. Bawang merah ini mampu mengeluarkan angin yang berlebihan di dalam tubuh, bisa juga melancarkan peredaran darah, dan menghangatkan badan.

Sedangkan untuk Anda yang sudah remaja atau sudah dewasa, gunakan bawang putih. Berbeda dengan tadi bawang merah, yang putih ini telah mengandung senyawaalicin yang lebih tinggi bertindak layaknya antibiotik dan antioksidan yang alami. Caranya Anda bisa makan langsung ( secara mentah) atau pun memasukannya dalam masakan.

  1. Jahe

mengobati masuk angin dengan jahe

Masih membahas seputar obat masuk angin tradisional. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa jahe termasuk rempah tradisional yang bisa membantu menghangatkan tubuh kita, bisa juga mengatasi kembung, dan melancarkan sirkulasi darah.

Inilah alasannya kenapa banyak sekali negara yang berudara dingin sangat suka mengonsumsi jahe, khususnya bagi mereka yang telah menghindari alkohol.

Cara mengatasi masuk angin dengan jahe csangat lah mudah. Parut dahulu jahe secukupnya. Kemudian rebus lah sampai mendidih dan lalu saring. Agar wedang jahenya tak terlalu pedas, Anda bisa menambahkan air dari perasan lemon dan gula batu.

Jika Anda ingin lebih nikmat lagi, konsumsilah wedang jahe bersama dengan pisang rebus atau pun camilan kesukaan Anda lainnya.

  1. Rebusan air daun pepaya

mengobati masuk angin dengan daun pepaya

Sebetulnya rebusan daun pepaya ini lah sangat ampuh untuk mengobati masuk angin kita. Namun, obat alami ini sangat banyak dihindari karena rasanya yang sangat pahit.

Jika kita tak tahan dengan rasa pahitnya, kita bisa ssaja mengonsumsinya daun pepaya dalam bentuk tumisan, meskipun tidak seampuh versi rebusan nya sih.

Cara mengatasi masuk angin dengan daun pepaya:

  • Pertama siapkan 4 – 5 lembar daun pepaya dan 1 liter air.
  • Rebus lah daun pepaya nya dengan satu liter air sampai tersisa hingga setengahnya.
  • Saring dan ambil lah air rebusannya saja, selanjutnya konsumsilah selagi masih hangat.
  1. Madu dan teh lemon

mengobati masuk angin dengan madu dan lemon

Tak suka pahit? Maka Anda bisa mencoba cara ini yakni madu dan teh lemon yang memiliki rasa sangat nikmat di lidah. Madu ini memiliki kandungan nutrisi sangat lengkap yang dapat meningkatkan sistem imun dan regerenasi sel tubuh kita

Sedangkan lemon sendiri terkenal dengan kandungan vitamin C – Nya yang bisa membantu meningkatkan stamina tubuh kita, bisa juga sirkulasi darah, dan mencerahkan kulit wajah, dan lainnya.

Masukan madu nya dan perasan lemon nya kedalam teh yang hangat, lalu konsumsilah madu dan lemonnya sebelum Anda tidur dan rasakan lah perbedaannya ketika bangun nanti.

Nah, itu tadi bahasan tentang Obat Tradisional Alami Masuk Angin. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan, perkataan, dan sebagainya. Semoga artikel ini bermanfaat dan lekas sembuh yah dari penyakitnya…

Baca juga :
Obat Kolesterol Alami
Obat Batuk Alami
Obat Asam Urat Alami
Obat Gatal Alami
Obat Jerawat Alami

You Might Also Like

Most popular articles related to 5 Obat Masuk Angin Alami Tradisional Yang Ampuh dan Aman