Penyebab, Pencegahan, dan Dampak Negatif Dari Anemia

Billy Valentino

penyebab, pencegahan, dampak negatif anemia

Anemia  ini adalah suatu penyakit dimana dalam kadar hemoglobin dalam darah  akan lebih rendah dari normal. Hemoglobin ini adalah molekul eritrosit ( sel darah merah ) yang telah bertugas mengangkut oksigen. Kualitas dari darah dan juga warna yang merah pada darah akan ditentukan pada kadar dari hemoglobin itu sendiri.

Penyebab, Pencegahan,  Dampak Negatif Anemia

Berikut ini kami Alaminia.com akan membahas tentang penyakit alaminia yaitu beberapa penyebab, pencegahan, dan juga dampak negatif dari penyakit anemia tersebut;

1. Penyebab Anemia

Pada dasarnya dari gejala anemia ini akan timbul karena, adanya  dua hal sebagai berikut :

  • Anoksia Organ Target ini karena disebabkan oleh karena terjadi menipisnya jumlah pada oksigen yang mampu di bawa oleh suatu jaringan yang ada di dalam darah.
  • Mekanisme kompensasi di tubuh terhadap penyakit anemia.

Selain dua hal di atas tadi, ada juga dari beberapa hal yang menyebabkan gejala penyakit seperti anemia ini yakni;

  • Kandungan zat besi berasal dari makanan yang akan dikonsumsi tidak memenuhi dalam kebutuhan.
    • Makanan yang akan kaya kandungan zat besi ini adalah makanan yang telah berasal dari beberapa hewani ( daging, ikan, atau pun hati ayam )
    • Makanan nabati ( tumbuh – tumbuhan ) contohnya seperti sayuran yang hijau tua, walau pun banyak mengandung zat besi. Akan tetapi hanya sedikit yang cukup mampu diserap oleh usus.
  • Meningkatnya pengeluaran suatu zat besi pada tubuh manusia. Pendarahan atau pun kehilangan dapat juga menyebabkan gejala atau penyakit anemia ini, Hal ini terjadi pada penderita :
    • Kecacingan ( terutama pada cacing tambang ), infeksi akibat dari cacing tambang nya telah dapat menyebabkan pendarahan pada suatu dinding usus, meskipun hanya sedikit namun jika hal ini terjadi secara terus – menerus dan maka akan mengakibatkan kehilangan pada darah atau juga zat besi.
    • Kehilangan darah pada saat mengalami haid, maka berarti mengeluarkan zat besi yang juga ada di dalam darah, yang mengakibatkan seseorang itu mengalami penyakit anemia.

2. Pencegahan Anemia

Untuk dapat menghindari anemia yang akan terjadi, bisa ikuti cara berikut. Cara ini juga dapat dilakukan bagi ibu hamil, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Mengkonsumsi Pangan yang akan lebih banyak dan beragam, contoh seperti sayuran berwarna hijau, kacang – kacangan, dan juga protein hewani terutama hati.
  2. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, contohnya seperti jeruk, tomat, mangga dll yang bisa meningkatkan penyerapan pada zat besi.

Anemia ini merupakan salah satu dari penyakit yang akan juga dapat mematikan, jadi hati – hati lah dalam mengkonsumsi suatu makanan agar terus selalu sehat.

3. Dampak Negatif Anemia

Anemia ini dapat memberikan kalian dampak yang negatif pada kesehatan tubuh, terutama bagi remaja – remaja putri, diantaranya :

  1. Menurunkan akan kemampuan dan juga konsentrasi di saat belajar. Akibatnya kurangnya pada Hemoglobin yang ada di dalam darah, membuat seseorang akan menjadi terasa lesu dan akan berpengaruh juga terhadap konsentrasi pada seseorang
  2. Mengganggu suatu pertumbuhan sehingga pada tinggi badan tidak akan tumbuh secara optimal atau pun maksimal.
  3. Menurunkan kemampuan fisik pada olahraga
  4. Mengakibatkan wajah kalian menjadi agak telihat pucat
  5. Daya tahan tubuh kalian akan menurun sehingga cukup mudah diserang dari beberapa penyakit.

Penyakit anemia ini juga dapat mengakibatkan komplikasi, contohnya seperti Gagal jantung kongesif, Gondok, Parestesia, Konfungsi kankker, penyakit ginjal, Gangguan pembentukan heme, Rematoid, Meningitis, Penyakit infeksi kuman, Thalasemia, Kelainan Jantung, dan juga Gangguan sistem imun.

Baca Juga :
– Obat Kolesterol Tradisional Dan Alami Yang Sangat Ampuh
– Obat Darah Tinggi Alami Tradisional
– Obat Darah Rendah Alami Tradisional Yang Ampuh

You Might Also Like

Most popular articles related to Penyebab, Pencegahan, dan Dampak Negatif Dari Anemia